PENGGUNAAN
POHON UANG UNTUK MENCIPTAKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS III DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD
A.
Latar
Belakang
Sekolah
Dasar (SD) sebagai salah satu subsistem pendidikan nasional yang dapat
mengikuti perkembangan teknologi dalam upaya meningkatkan mutu dan layanan
pendidikan, sehingga diperlukan peningkatan kualitas dan kuantitas sarana
prasarana guna mendukung proses pembelajaran tersebut. Akan tetapi, kemajuan
teknologi harus tetap diimbangi dengan perancangan media secara manual karena
tidak selamanya kita harus bergantung pada kemajuan teknologi.
Pembelajaran
matematika bersifat abstrak dan deduktif, sehingga membutuhkan media
pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami konsep matematika. Penggunaan
media untuk pembelajaran matematika diharapkan membantu siswa untuk belajar
secara mudah, interaktif, komunikatif, dan dapat menerapkan berbagai
konsep-konsep matematika yang terasa rumit menjadi ilmu pengetahuan yang
kontekstual dan menyenangkan untuk dipelajari serta diaplikasikan.
Selain
itu, permasalahan yang sering ditemukan di lapangan adalah “apakah ada media
pembelajaran yang dapat memberikan sebuah pendidikan karakter pada siswa dan
tidak hanya memberikan pesan moral saja melalui verbal melainkan dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”.
Hal
inilah yang mengharuskan pembelajaran matematika harus dikemas semenarik
mungkin, salah satunya dalam penggunaan media yang diciptakan secara manual dan
mampu memberikan pendidikan karakter pada siswa, serta memberikan manfaat yang
baik dalam kehidupan sehari-hari dalam menyelesaikan masalah.
Dengan
demikian, penulis mengemukakan sebuah gagasan tentang Penggunaan Pohon Uang
untuk Menciptakan Pendidikan Karakter Siswa Kelas III dalam Pembelajaran
Matematika SD.
B.
Kompetensi
Dasar
Dalam
hal ini, penulis memilih kompetensi dasar tentang memecahkan masalah
perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang pada kelas III semester 1.
C.
Tujuan
Tujuan
penggunaan pohon uang dalam pembelajaran matematika adalah membantu siswa dalam
memahami materi yang dipelajari agar lebih bermakna dan memberikan pengalaman
langsung untuk mampu menghargai uang yang dimiliki karena uang menjadi
pendukung dalam kehidupan dan seringkali menimbulkan masalah, jika tidak
digunakan secara benar dalam kehidupan sehari-hari.
D.
Manfaat
Manfaat
yang diharapkan dari penggunaan media pohon uang adalah menciptakan
pembelajaran matematika yang menarik agar pendidikan karakter bagi siswa dapat
dikembangkan secara dini melalui media yang telah dibuat.
E.
Alat
dan Bahan
1. Alat :
a. Gunting
b. Isolasi
c. Kayu
d. Kawat
e. Pot
f. Cat
warna coklat
g. Kuas
kecil
2. Bahan :
a. Koran
bekas
b. Tanah
c. Batu
hias
d. Uang
kertas
e. Uang
logam
f. Karton
tebal
g. Lem
F.
Cara
Pembuatan
Adapun
langkah-langkah pembuatan pohon uang adalah sebagai berikut :
1. Siapkan terlebih dahulu alat dan
bahan yang dibutuhkan.
2. Kemudian, buatlah batang pohon
menggunakan kayu yang dililit oleh koran bekas menyerupai batang pohon yang
asli dengan dibantu oleh isolasi agar lebih merekat.
3. Selanjutnya, lilitan yang telah
dibuat diwarnai menggunakan cat berwarna coklat agar menyerupai batang pohon
asli.
4. Setelah itu, batang pohon tiruan
ditanam pada pot dan diberi tanah, serta diberi batu hias agar lebih menarik.
5. Tahap berikutnya adalah pembuatan
ranting menggunakan kawat yang dililit oleh koran bekas sama dengan pembuatan
batang tadi.
6. Jika sudah siap maka uang kertas dan
uang logam digantungkan pada tiap ranting, sehingga membentuklah sebuah pohon
uang.
7. Dan pembuatan kartu belanja dibuat
dari karton tebal yang dipotong menyerupai kartu bridge dengan dilengkapi gambar daftar barang dan daftar harga yang
akan dibeli.
G.
Bentuk
Alat Peraga
Hasil
yang diperoleh dari pembuatan di atas berupa pohon uang dan kartu belanja seperti
gambar di bawah ini :
H.
Cara
Penggunaan
Dalam
penggunaan media pohon uang, siswa dibentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang.
Masing-masing kelompok akan dipandu oleh guru melalui peraturan permainan yang
harus disepakati bersama. Tiap kelompok mendapatkan hak yang sama dalam
menerima uang tabungan yang diambil di pohon uang. Selanjutnya, masing-masing
kelompok mengambil kartu belanja di kotak misteri yang telah disediakan dan di
dalam kartu belanja sudah terdaftar beberapa daftar barang beserta harganya
yang harus dipilih oleh setiap anggota kelompok dengan syarat jumlah harga
barang yang dibeli tidak boleh melebihi dari uang tabungan yang dimiliki.
Berdasarkan
permainan yang dilakukan melalui media pohon uang, maka di akhir kegiatan
permainan tersebut dapat dilakukan evaluasi yang dapat memberikan pendidikan
karakter pada siswa untuk mampu menghargai uang yang dimiliki dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari, sehingga media tersebut dapat dikatakan
media yang bermakna dan mengandung pesan moral yang bersifat positif untuk
memberikan bekal pengetahuan bagi siswa sejak dini.
mas tolong dijelaskan tentang penggunaan pohon uang itu bagaimana?
BalasHapus