Selasa, 22 Mei 2012

PENGGUNAAN POHON UANG UNTUK MENCIPTAKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD


PENGGUNAAN POHON UANG UNTUK MENCIPTAKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

A.    Latar Belakang
Sekolah Dasar (SD) sebagai salah satu subsistem pendidikan nasional yang dapat mengikuti perkembangan teknologi dalam upaya meningkatkan mutu dan layanan pendidikan, sehingga diperlukan peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana guna mendukung proses pembelajaran tersebut. Akan tetapi, kemajuan teknologi harus tetap diimbangi dengan perancangan media secara manual karena tidak selamanya kita harus bergantung pada kemajuan teknologi.
Pembelajaran matematika bersifat abstrak dan deduktif, sehingga membutuhkan media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami konsep matematika. Penggunaan media untuk pembelajaran matematika diharapkan membantu siswa untuk belajar secara mudah, interaktif, komunikatif, dan dapat menerapkan berbagai konsep-konsep matematika yang terasa rumit menjadi ilmu pengetahuan yang kontekstual dan menyenangkan untuk dipelajari serta diaplikasikan.
Selain itu, permasalahan yang sering ditemukan di lapangan adalah “apakah ada media pembelajaran yang dapat memberikan sebuah pendidikan karakter pada siswa dan tidak hanya memberikan pesan moral saja melalui verbal melainkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”.
Hal inilah yang mengharuskan pembelajaran matematika harus dikemas semenarik mungkin, salah satunya dalam penggunaan media yang diciptakan secara manual dan mampu memberikan pendidikan karakter pada siswa, serta memberikan manfaat yang baik dalam kehidupan sehari-hari dalam menyelesaikan masalah.
Dengan demikian, penulis mengemukakan sebuah gagasan tentang Penggunaan Pohon Uang untuk Menciptakan Pendidikan Karakter Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Matematika SD.
B.    Kompetensi Dasar
Dalam hal ini, penulis memilih kompetensi dasar tentang memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang pada kelas III semester 1.

C.    Tujuan
Tujuan penggunaan pohon uang dalam pembelajaran matematika adalah membantu siswa dalam memahami materi yang dipelajari agar lebih bermakna dan memberikan pengalaman langsung untuk mampu menghargai uang yang dimiliki karena uang menjadi pendukung dalam kehidupan dan seringkali menimbulkan masalah, jika tidak digunakan secara benar dalam kehidupan sehari-hari.

D.    Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari penggunaan media pohon uang adalah menciptakan pembelajaran matematika yang menarik agar pendidikan karakter bagi siswa dapat dikembangkan secara dini melalui media yang telah dibuat.

E.    Alat dan Bahan
1.      Alat :
a.      Gunting
b.      Isolasi
c.      Kayu
d.     Kawat
e.      Pot
f.       Cat warna coklat
g.      Kuas kecil

2.      Bahan :
a.      Koran bekas
b.      Tanah
c.      Batu hias
d.     Uang kertas
e.      Uang logam
f.       Karton tebal
g.      Lem

F.     Cara Pembuatan
Adapun langkah-langkah pembuatan pohon uang adalah sebagai berikut :
1.      Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan.
2.      Kemudian, buatlah batang pohon menggunakan kayu yang dililit oleh koran bekas menyerupai batang pohon yang asli dengan dibantu oleh isolasi agar lebih merekat.
3.      Selanjutnya, lilitan yang telah dibuat diwarnai menggunakan cat berwarna coklat agar menyerupai batang pohon asli.
4.      Setelah itu, batang pohon tiruan ditanam pada pot dan diberi tanah, serta diberi batu hias agar lebih menarik.
5.      Tahap berikutnya adalah pembuatan ranting menggunakan kawat yang dililit oleh koran bekas sama dengan pembuatan batang tadi.
6.      Jika sudah siap maka uang kertas dan uang logam digantungkan pada tiap ranting, sehingga membentuklah sebuah pohon uang.
7.      Dan pembuatan kartu belanja dibuat dari karton tebal yang dipotong menyerupai kartu bridge dengan dilengkapi gambar daftar barang dan daftar harga yang akan dibeli.

G.   Bentuk Alat Peraga
Hasil yang diperoleh dari pembuatan di atas berupa pohon uang dan kartu belanja seperti gambar di bawah ini :



H.    Cara Penggunaan
Dalam penggunaan media pohon uang, siswa dibentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang. Masing-masing kelompok akan dipandu oleh guru melalui peraturan permainan yang harus disepakati bersama. Tiap kelompok mendapatkan hak yang sama dalam menerima uang tabungan yang diambil di pohon uang. Selanjutnya, masing-masing kelompok mengambil kartu belanja di kotak misteri yang telah disediakan dan di dalam kartu belanja sudah terdaftar beberapa daftar barang beserta harganya yang harus dipilih oleh setiap anggota kelompok dengan syarat jumlah harga barang yang dibeli tidak boleh melebihi dari uang tabungan yang dimiliki.
Berdasarkan permainan yang dilakukan melalui media pohon uang, maka di akhir kegiatan permainan tersebut dapat dilakukan evaluasi yang dapat memberikan pendidikan karakter pada siswa untuk mampu menghargai uang yang dimiliki dalam menyelesaikan masalah sehari-hari, sehingga media tersebut dapat dikatakan media yang bermakna dan mengandung pesan moral yang bersifat positif untuk memberikan bekal pengetahuan bagi siswa sejak dini.

1 komentar:

  1. mas tolong dijelaskan tentang penggunaan pohon uang itu bagaimana?

    BalasHapus